Biografi

0 0
Read Time:5 Minute, 16 Second

biografi

Biografi, Biografimasi.com – Selamat Datang di website resmi Biografimasi, sebagai website baru yang hadir di kalangan masyarakat. Biografimasi akan memuat berbagai informasi biografi hidup seseorang yang kami anggap berpengaruh dan layak untuk disajikan pada muatan website kami. Kami sebagai website terbaru yang akan memuat riwayat hidup seseorang tentu sudah memiliki berbagai izin yang dibutuhkan dan biografimasi akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Riwayat hidup atau biografi seseorang tentu bukanlah hal yang mudah untuk dituliskan atau diterangkan menjadi sebuah artikel. Perlu berbagai izin dari pihak terkait yang namanya kami jadikan tema pada pembahasan kami. Tentu saja berbagai informasi yang kami muat pada setiap artikel pun akan melalui berbagai seleksi dan juga memuat informasi yang tepat.

Informasi tentang seorang tokoh atau public figur yang kami rangkum dalam setiap artikel akan hadir berdasarkan sumber informasi yang valid sehingga informasi yang tertera pada artikel kami seluruhnya bisa dipertanggung jawabkan. Biografi tentang berbagai tokoh atau public figure yang kami muat, tidak berdasarkan kepentingan apapun. Informasi dibuat semata-mata hanya untuk menghormati mereka yang sudah berhasil mencapai posisinya saat ini.

Biografimasi.com berharap dengan berbagai informasi riwayat hidup dari berbagai orang yang kami muat pada website kami bisa menjadi inspirasi hidup yang baik bagi semua kalangan. Berbagai sisi akan kami hadirkan pada ulasan kami berdasarkan kebenaran yang ada. Sehingga pembaca setia kami diharapkan mampu bijak dalam mengambil segala informasi yang termuat dalam artikel.

Biografi

Baiklah sebagai kesempatan pembuka ini kami ingin memberikan sedikit informasi terlebih dahulu mengenai sejarah biografi dan apa sebenarnya makna dari dibuatnya sebuah biografi. Informasi lengkapnya akan kita bahas dibawah ini.

Pengertian Biografi

Biografi adalah sebuah karya sastra yang berisikan informasi dari riwayat hidup seseorang yang dianggap penting dan memiliki peran besar pada masyarakat tertentu. Namun pada saat ini karya sastra tersebut sudah banyak berkembang dengan berbagai aspek yang diperhatikan. Seperti pada mulanya seorang tokoh atau orang yang berpengaruhlah yang riwayat hidupnya akan dicatat dan dibuat menjadi biografi. Berbeda dengan saat ini, Seorang yang dinilai cukup relevan dan mempunyai nama cukup besar seperti publik figur sudah banyak dibuatkan biografinya.

Penulisan Biografi pada umumnya akan berisikan berbagai informasi mengenai riwayat hidup lengkap dari seorang tokoh atau pun orang yang berpengaruh pada suatu wilayah. Serta informasi yang dimuat pada sebuah tulisan karya pastinya akan mengandung informasi yang berbeda-beda dengan aspek dan struktur berdasarkan orang yang akan dibuatkan biografinya. Sebuah biografi akan menjadi sebuah nilai atau pembahasan penting. Apabila informasi yang dimuat juga merupakan tokoh atau orang yang memiliki peranan baik atau jasa penting semasa hidupnya.

Biografi sendiri akan memuat berbagai informasi riwayat hidup dari seseorang mulai dari dilahirkan hingga berusia remaja dan dewasa bahkan hingga akhir hayatnya. Sumber dari sebuah biografi biasanya bisa hadir dari mana saja yang terpenting adalah informasi yang didapatkan merupakan informasi yang valid dan cocok dengan orang yang bersangkutan.

Sejarah Biografi

Biografi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari akta Bios dan Grafien. Bios memiliki arti hidup sedangkan Grafien memiliki arti menulis. Sehingga bisa diartkan sebagai cerita yang memuat riwayat hidup yang berisi prestasi dan jurnal hidup seseorang. Biografi diketahui sudah ada pada zaman dahulu, namun bentuknya bukanlah sebuah buku atau artikel seperti saat ini. Pada zaman dahulu karya ini dibuat bukan memberikan informasi terkait seseorang saja. Namun lebih mengarah ke sebuah kejadian yang memorial, baik berupa sebuah pertikaian atau peperangan dengan suku lainnya. Ataupun kejadian bersejarah lainnya yang pada awalnya dituliskan pada dinding dinding Gua atau batu.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman Biografi yang dulunya diukir diatas batu mulai mendapatkan pembaruan setelah peradaban berhasil menciptakan lempengan koin. Kemudian banyak dari biografi mulai di cetak pada sebuah koin yang informasinya dimuat sudah berdasarkan kejadian terbaru. Seperti informasi para raja ataupun sisi negatif dari para raja dan urusan politik pada zaman itu.

Konsep Biografi

Secara garis besar, Biografi mempunyai arti informasi yang memuat riwayat hidup seseorang. Keberadaan biografi menjadi sebuah pembentuk penulis sejarah. Konsep dari karya ini sendiri pun sebenarnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu otobiografi dan juga prosopografi. Otobiografi memiliki arti sebagai riyawat hidup dari diri sendiri sedangkan prosopografi merupakan riwayat hidup dari banyak orang.

Jenis Jenis Biografri

Sebuah biografi mempunyai isi dan bentuk yang berbeda-beda pada setiap ulasannya atau tergantung berdasarkan siapa yang membuatnya. Beberapa ditulis hanya menceritakan sebagian informasi tentang seseorang. Misalnya hanya pada saat seseorang tersebut tumbuh dewasa dan mempunyai berbagai jenjang karier. Yang dinilai cukup relevan untuk di bahas dan dimuat menjadi sebuah biografi. Selain itu ada juga yang memuat tentang watak seseorang selama perjalanan hidupnya yang mempunyai pengaruh cukup besar seperti raja atau penguasa sebuah tempat.

Kemudian selain kedua penulisan tersebut, Terdapat sebuah penulisan lagi yang cukup menarik yaitu penulisan yang bertujuan sebagai penghibur. Bagi para pembacanya, dengan memuat informasi yang mengejek ataupun informasi lucu dari seseorang. Biasanya pada muatan biografi yang memuat ejekan terhadap seseorang. Akan berisikan informasi lucu dan menarik yang dialamai oleh seseorang dan kemudian diceritakan kembali.

Sementara bentuk dari sebuah biografi juga mempunyai beberapa pencabangan terhadap gaya penulisannya. Ketiga cabang tersebut ditujukan agar karya yang ditulis benar benar memuat informasi yang baik dan bisa dipertanggung jawabkan. Lalu apa sajakah bentuk dari biografi yang dimaksud? Baca artikel ini sampai habis.

Berbagai bentuk penulisan pada sebuah biografi

Pertama Biografi interpretatif, karakter utama dari bentuk penulisan ini adalah memiliki sifat yang seimbang. Artinya sang penulis harus menyeimbangkan seluruh isi yang terdapat di dalam sebuah artikel. Misalnya tentang watak seseorang, tindakan , serta kondisi zaman yang sedang terjadi kepada seseorang pada saat diceritakan. Biasanya bentuk interpretatif ini akan memuat sebuah kehidupan sejarah.

Yang kedua adalah bentuk populer, Karakter yang terdapat pada bentuk penulisan ini bisa dikatakan sebagai sebuah fiksi. Dikatakan begitu karena pada bentuk penulisan ini sang penulis akan lebih mengutamakan tingkat pembaca atau pembeli dari karya yang telah ia tulis. Sehingga beberapa informasi yang terkandung di dalamnya itu merupakan informasi tambahan yang sifatnya fiktif atau tidak pernah terjadi.

Ketiga adalah bentuk sumber, Karakter utama dari bentuk penulisan ini adalah dengan menempatkan berbagai informasi yang sifatnya fakta sebenarnya dari tokoh atau seseorang yang dicerikan. Dengan jumlah yang sebanyak banyaknya. Namun bentuk penulisan seperti ini diwajibkan menggunakan kerangka, pamahaman bahan tulisan dan juga penyusunan plot yang baik.

Tertarik membaca informasi lainnya : updatedaerah.com

Berikut adalah rangkuman dari pengertian biografi yang nantinya akan kami kembangkan lagi dengan berbagai informasi mengenai seorang tokoh atau seseorang yang mempunyai pengaruh cukup besar sehingga layak untuk dibuatkan biografinya. Penasaran siapa tokoh yang akan kita bahas berikutnya? Untuk itu jangan lewatkan update terbaru dari biografimasi.com.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %