Biografi Presiden Ke-7 Indonesia Joko Widodo (Jokowi)

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

Presiden Ke-7 Republik IndonesiaJoko Widodo (Jokowi)

Jokowi – Memiliki nama asli Joko Widodo adalah presiden Negara Republik Indonesia ke-7 yang menduduki jabatannya selama 2 periode. Jokowi dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai pencapaian yang diraih serta membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

Namun apakah kalian pernah mencari tahu tentang asal usul Presiden kita satu ini? bagaimana kehidupan masa kecilnya hingga bisa menjadi orang nomor 1 di Indonesia? Biografimasi akan memberikan informasinya secara lengkap untuk kalian.

Lahir dan besar di Kota Solo

Pembahasan kita mulai dari asal Presiden Jokowi yang lahir di Rumah Sakit Minulyo pada tanggal 21 Juni 1961. Berasal dari orang tua yang bernama Noto Mihardjo sebagai ayah dan ibu bernama Sujiatmi. Presiden Joko Widodo memiliki 4 saudara dan beliau merupakan anak pertama atau sulung dan mempunyai tiga orang adik yang bernama Iit Sriyanti, Ida Yati dan Titik Relawati.

Keluarga Jokowi bisa dikatakan sebagai keluarga kurang mampu dan hidup sederhana. Sang ayah bekerja sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar, Solo. Sementara sang ibu hanya sebagai ibu rumah tangga. Sehingga kehidupan Jokowi jauh sekali dari kata mewah.

Berbagai kesulitan ekonomi dialami oleh keluarga Joko Widodo pada saat itu. Seperti kesulitan membayar uang sekolah hingga untuk makan sehari-hari juga mengalami kesulitan. Untuk membantu keluarganya, Jokowi setelah pulang sekolah sering membantu ayahnya untuk bekerja sebagai pengrajin kayu dan terkadang membantu menagih pembayaran kepada pelanggan yang membeli kayu.

Kehidupan Jokowi pada saat kecil bisa dikatakan cukup sulit dan keras. Hal ini terjadi karena kondisi ekonomi yang tidak menentu dari keluarganya. Bahkan ia harus terus berpindah-pindah rumah akibat terkena gusuran. Hingga harus menumpang untuk sementara di rumah seorang teman di daerah Gondang.

Masa kecil Jokowi tidak luput dan jauh dari kawasan bantaran kali Karanganyar. Berbagai aktivitas ia lakukan di kawasan tersebut bersama dengan teman-temannya. Mulai dari mandi di sungai, mencari telur bebek, memancing ikan dan masih banyak lagi. Walaupun memiliki banyak aktivitas yang menyenangkan ia tidak lupa dengan kewajibannya untuk belajar. Ia sangat pandai mengatur waktu untuk bermain, membantu orang tua, dan juga belajar.

Pendidikan Jokowi

Pendidikan Jokowi dimulai dari bangku SD yang berada di SDN III Tirtoyoso, Banjarsari, Solo. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu atau menengah ke bawah. Mulai dari bangku Sekolah dasar inilah ia sudah mencoba untuk meringankan beban keluarganya dengan mencari uang jajan sendiri. Cara yang dilakukan adalah dengan menjadi kuli panggul di pasar, ojek payung dan berjualan.

Melanjutkan ke tingkat SMP Jokowi memilih SMPN 1 Surakarta yang berlokasi di jl. MT Haryono IV, Surakarta. Dari jenjang SMP ini dirinya ingin melanjutkan untuk masuk ke SMAN 1 Surakarta, Namun setelah mencoba dengan berbagai upaya dirinya pun gagal. Kemudian memutuskan untuk memilih SMAN 6 Surakarta untuk melanjutkan pendidikannya.

Setelah lulus dari pendidikan sekolahnya, Jokowi melanjutkan kuliah dengan memilih Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia memilih fakultas kehutanan dengna jurusan teknologi kayu untuk mendalami tentang kayu. Mulai dari pemanfaatan , struktur, hingga teknologi mengenai kayu. Fakultas tersebut ia ambil karena sedari dulu sudah sangat akrab dengan dunia ‘Perkayuan’ yang dijalankan oleh sang ayah.

Lulus dari Universitas Gajah Mada, Jokowi melanjutkan karirnya dengan bekerja di sebuah BUMN, yaitu PT Kertas Kraft Aceh. Dan ditempatkan di area hutan pinus merkusi di dataran tinggi Gayo, Aceh. Namun karirnya di Perusahaan ini tidak berlangsung lama, dan ia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Solo.

Berikut adalah Biografi singkat seputar Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi. Nantikan biografi lengkap seputar Joko Widodo pada kesempatan berikutnya. Dengan berbagai informasi lain yang menarik dan sayang untuk di lewatkan. Untuk itu tunggu updatean terbaru dari Biografimasi.com.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %