Perjalanan Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Kebanggaan Jawa Barat

0 0
Read Time:3 Minute, 1 Second

Halo selamat siang, selamat datang kembali di laman website Biografimasi.com. Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai perjalanan hidup seorang mantan Gubernur Jawa Barat yang sangat di cintai oleh rakyatnya. Orang tersebut adalah Ridwan Kamil.

Langsung saja kita mulai langsung dari perjalanan karir seorang Ridwan Kamil. Kang emil sapaan akrab beliau, memiliki jenjang karier yang sangat luar biasa selama perjalanan hidupnya. Awal kariernya beliau menjadi arsitek sekaligus juga merangkap sebagai dosen tidak tetap untuk Universitas tempat dulunya ia menuntut ilmu yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelum pada akhirnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil

Pada tahun 1995, Ridwan Kamil memperoleh gelar sarjananya dan memutuskan untuk berangkat ke Amerika Serikat untuk memulai karirnya. Awal karir seorang Kang Emil termasuk sangat sulit karena pada saat beliau baru saja empat bulan meniti karier di Amerika Serikat. Kang Emil harus berhenti bekerja akibat terjadinya krisis moneter yang menimpa Indonesia pada saat itu. Namun saat itu Kang Emil tidak langsung buru-buru memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Perjalanan karir & Pendidikan Ridwan Kamil

Dirinya bertahan di Amerika Serikat hingga akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa di Universitas of California, Berkeley. Kang Emil tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan melanjutkan pendidikannya sembari mengambil kerjaan paruh waktu. Kang emil melakukan kerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Barkeley. Saat lulus dari pendidikannya di University of California, Barkeley. Dirinya melanjutkan karir sebagai arsitek profesional yang berfirma di beberapa tempat di Amerika Serikat.

Tahun 2002 Ridwan Kamil kembali pulang ke Indonesia kemudian setelah itulah dirinya mulai aktif mendirikan beberapa perusahaan bersama dengan teman-temannya dan kemudian juga mengajar di beberapa fakultas ternama di Jawa Barat.

Menjabat Sebagai Walikota Bandung

Pada tahun 2013 Ridwan Kamil menjadi kader yang dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai Walikota Bandung. Saat di calonkan Kang Emil menggandeng Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil walikotanya. Pada ajang pemilihan kepala daerah tersebut pasangan Kang Emil dan Oded mendapatkan keunggulan yang telak dari tujuh pasangan lainnya dengan meraih suara terbanyak hingga 45.24% dan memenangkannya.

Karir sebagai Walikota Bandung dimulai pada 16 september 2013 dengan gaya kepemimpinan Kang Emil yang futuristik dirinya berhasil membangun beberapa fasilitas umum yang sangat baik dan ikonik di Kota Bandung. Salah satunya adalah membuat Bandung Command Center yang mirip seperti di luar negeri. Yang di mana seluruh kota Bandung di pasang dengan cctv dan didukung oleh GPS tracking. Sehingga Bandung memiliki pusat kendali yang baik di seluruh sudut kota.

Berita Daerah Jawa Barat : wartajawa.com

Jabatan Walikota Bandung ini di emban oleh Kang Emil dan Oded hingga tahun 2018. Kemudian pada bulan Juli 2018 Ridwan Kamil kembali di usung menjadi Calon Gubernur Jawa Barat. Bersama dengan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Calon Wakil Gubernur yang diusung oleh PPP, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Ridwan Kamil yang populer saat menjabat sebagai Walikota Bandung, kembali berhasil memenangkan dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat kali ini. Selama kepemimpinannya ini lah , Kang Emil merubah seluruh kota di Jawa Barat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu dengan ketegasan dan program kerja yang jelas dan terarah. Seluruh program berjalan dengan baik dan membuat Jawa Barat mendapatkan sangat banyak penghargaan selama dirinya menjabat sebagai Gubenur.

Kini Kang Emil sudah selesai melaksanakan tugasnya sebagai Gubernur dan terbaru Ridwan Kamil maju sebagai Calon Gubernur untuk DKI Jakarta. Semoga dalam ajang pemilihan kali ini Kang Emil kembali mendapatkan kemenangan dan mampu mengubah Kota Jakarta menjadi lebih baik kedepannya.

Sekian adalah informasi perjalanan hidup singkat seorang Ridwan Kamil. Yang merintis karir dari seorang arsitek hingga menjadi mantan Gubernur Jawa Barat yang sangat dicintai oleh masyarakat.

Nantikan pembahasan menarik lainnya seputar perjalanan hidup tokoh dan individu berpengaruh lainnya hanya di Biografimasi.com.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %